Thursday, October 9, 2008

Orang Narsis Punya Bakat Jadi Pemimpin

http://www.hilo-teen.com/images/photopolls/01-Orang-Pintar.jpg

Orang yang memiliki perasaan mencintai diri sendiri secara berlebihan, atau lebih dikenal dengan sebutan orang narsis, ternyata memiliki kecenderungan menjadi seorang pemimpin.Sikap menyayangi diri sendiri itu, membuat orang Narsis memiliki tingkat inisiatif yang tinggi sehingga berbakat untuk memimpin di berbagai, bidang termasuk politik.
Seperti dilansir Live Science, para psikolog dari Ohio State University telah meneliti sejumlah orang yang dikategorikan narsis dan menemukan kecenderungan itu. Tapi, psikolog tersebut belum dapat mengungkapkan apakah orang narsis mampu menjadi pemimpin yang baik.

Sikap egois yang dimiliki orang Narsis menunjukkan karakter orang yang kuat dan sulit untuk dipengaruhi orang lain. Psikolog mengungkapkan orang narsis jauh berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi (pede), karena pede yang berlebihan masih dapat mentolerir orang lain.

“Orang yang cenderung narsis sangat menyukai kekuatan, egois, dan terkadang menarik perhatian orang banyak,” kata psikolog Ohio State University, Amy Brunell.

Menurut Brunell, penelitian dilakukan terhadap tiga kelompok. Dua kelompok adalah anak-anak pelajar dan mahasiswa, dan kelompok lainnya adalah para manajer perusahaan.

Pada studi pertama, psikolog mensurvei 432 pelajar yang dibagi kedalam empat grup berdasarkan latar belakang dan kecenderungan narsis masing-masing.� Sama seperti kelompok pertama, para psikolog kemudian menyurvei 400 pelajar dan membaginya ke dalam empat grup. Pada kelompok ini, tiap responden disuruh memilih 15 benda yang harus dibawa dari kapal yang sedang terdampar di sebuah pulau. Hasilnya kelompok yang memiliki kecenderungan narsis memilih barang-barang yang berbeda dengan orang non-narsis. Kebanyakan barang yang dipilih adalah barang kebutuhan diri sendiri.

Sedangkan pada penelitian kelompok ketiga, yaitu 150 manajer perusahaan, kelompok yang memiliki kecenderungan narsis memiliki kecenderungan kuat untuk menjadi pemimpin.

Selain itu Brunnell mengatakan hasil penelitian mengungkapkan orang narsis memiliki pendirian yang kuat dan memiliki bakat menjadi pemimpin.

No comments:

Post a Comment

walau halangan rintangan membentang tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran ! hhaha