Wednesday, October 15, 2008

Pesan Error Komputer Terbaik Sepanjang Masa

Tidak ada program komputer yang terlepas dari kesalahan pemrograman dan oleh karena itu, keberadaan pesan error hampir setua umur komputer itu sendiri. Pesan error yang terjelek bisa bersifat menyakitkan, memaki “kebodohan” penggunanya dalam menggunakan komputer sedangkan pesan error yang terbaik.. membosankan. Banyak juga pesan error yang terkesan misterius, tidak meminta maaf, tetapi malah menyediakan informasi tidak berguna seperti angka heksadesimal.

Di bawah ini adalah 13 pesan error terunik sepanjang masa yang diurutkan berdasarkan beberapa faktor seperti seberapa banyak pengguna yang menjadi korban, kecantikan (atau keburukan) dan lain-lain. Pendapat semua orang memang berbeda, tetapi mari kita simak daftar pesan error Technologizer di bawah ini, mulai dari urutan terbawah:

1. Blue Screen of Death (Windows)

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-01.jpgSiapa lagi nomor satu kalau bukan teman kita yang paling populer di seluruh dunia, bahkan ketika hampir 1 milyar orang sedang terkagum-kagum dan memelototi upacara pembukaan Olimpiade Beijing nan megah tersebut. Cara yang sangat mudah untuk menjadi terkenal dalam sekejap? Bayangkan saja jika wajah Anda yang tiba-tiba muncul di situ atau hampir di seluruh bandara udara di dunia? Blue screen pernah muncul di berbagai tempat ramai di seluruh dunia, lihatlah 12 di antaranya di artikel Blue Screen of Death di Seluruh Penjuru Dunia.

2. 404 File Not Found (Web)

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-02.jpgPesan yang sebetulnya mengatakan kalau URL yang Anda kunjungi itu tidak ada atau salah adalah salah satu pesan error yang paling sering dijumpai sepanjang sejarah. Untungnya pesan yang satu tidak bersifat merusak, justru mengingatkan Anda apakah Anda salah mengetik alamat situs.

3. Sad Mac (Macintosh)

Beberapa orang masih menganggap gambar yang satu ini lucu, walaupun sebenarnya sedang memberitahukan adanya kerusakan dan menghancurkan hasil pekerjaan Anda. Gambar bernama “Gravely I11 Mac Teetering on the Edge of Death” ini didesain oleh Susan Kare dan muncul saat adanya kesalahan fatal dalam proses boot-up. Dalam keadaan normal, Anda biasanya disambut oleh “Happy Mac”.

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-03.jpg

4. Read Ring of Death (XBOX 360)


http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-04.jpg

Sebuah pesan error yang disampaikan oleh konsol XBOX 360 berupa lingkaran sinar merah di sekitar tombol power. Hal ini memberitahukan kalau sistem mengalami kerusakan dan mengharuskan Anda mengirim konsol balik ke Microsoft untuk direparasi. Menurut berita, XBOX 360 sempat mengalami pukulan akibat sering munculnya error ini pada versi-versi awal konsol tersebut. Dikabarkan Microsoft mengalami kerugian sekitar US$1,15 milyar untuk memperbaiki Xbox yang bermasalah — menjadikan error ini salah satu error termahal sepanjang sejarah.

Satu-satunya kabar baiknya tentang error ini adalah Microsoft yang mengakui kesalahan ini dan menambahkan periode garansi untuk semua unit yang mengalami error ini.

5. Does Not Compute (Lost in Space dll)

Pesan error yang hanya terlihat di dunia fiksi. Sering kali kita mendengar ungkapan ini diucapkan oleh banyak robot atau cyborg pada berbagai macam film. Beberapa contoh film terkenalnya adalah Lost in Space, sitkom My Living Doll dan lain-lain.

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-05.jpg

6. Windows Must Restart Because the Remote Procedure Call (RPC) Service Terminated Unexpectedly (Windows)

Error hampir setingkat BSOD ini lebih bersifat misterius, informatif, dan lebih menyebalkan karena Anda jadi penasaran mempelajari lebih lanjut tentang penyebabnya. Banyak orang mulai menemukan hal ini pada Bulan Agustus 2003 ketika komputer mereka tiba-tiba memberitahu kalau servis RPC telah mati dan akan memulai hitungan mundur untuk reboot yang tidak bisa dihindarkan.

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-06.jpg

Error ini belakangan diketahui sebagai akibat dari “Blaster Worm“. Penciptanya, Jeffrey Lee Parson sudah tertangkap pada tanggal 29 Agustus 2003 dan dijebloskan ke penjara akibat karyanya tersebut.

7. Kernel Panic (Macintosh)

Biasanya Mac memang bereputasi lebih stabil dari Windows. Tetapi, kadang-kadang error yang terjadi juga bisa parah sampai mengharuskan kita me-reboot mesin. Situasi ini dikenal dengan nama Kernel Panic, muncul sebagai salah satu fitur dari Unix yang diadopsi oleh Mac pada tahun 2001-an. Sama parahnya dengan BSOD, tetapi jauh lebih modis.

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-07.jpg

8. 1p0 on Fire (Unix)

Kebanyakan pesan error yang diberikan printer bisa dengan mudah atau cepat ditangani. Kertas macet? Mudah saja. Tinta habis? Hmm..sedikit mahal, tapi tetap bisa ditangani. Lalu, bagaimana dengan Lp0 on fire? Masalah yang satu ini muncul pada sistem Unix sekitar tahun 1970an di mana printer berkecapatan tinggi dapat menyebabkan kepanasan dan terbakar. Mengerikan…

9. FailWhale (Twitter)

Dalam satu sisi memang terlihat lucu. Tetapi, pada kenyataannya sangat menyebalkan terutama bagi para penggemas jasa microblogging Twitter. Gambar ini biasanya muncul kalau server sedang terlalu penuh, yang biasanya sangat sering terjadi.

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13Eror-09.jpg

10. Power On Self-Test Beep (PC)

Bermacam-macam pesan error, melibatkan kata-kata dan terkadang gambar untuk memberitahu Anda tentang adanya masalah. Tetapi, bagaimana jika masalahnya justru komputer tidak bisa menghasilkan kata atau gambar sama sekali? Coba masuk ke Power On Self-Test Beep, sebuah bentuk pemberitahuan error milik PC IBM orisinil. Bentuknya mirip dengan kode sandi.

11. Red Screen of Death (Windows)

Benarkah pesan kematian milik Microsoft yang terkenal itu hadir dalam berbagai warna? Menurut Wikipedia, beberapa versi beta Longhorn yang akhirnya menjadi Windows Vista memiliki pesan error yang berlatar belakang merah dan bukannya biru seperti biasa. Hmmm.. sengaja atau tingkat errornya lebih parah dari yang diduga?

12. Guru Meditation (Commodore Amiga)

http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/13eror-12.jpgAmiga merupakan salah satu komputer multi media canggih pada era 1980an. Tetapi, pesan error terseringnya sangatlah minimalis: teks berwarna merah berlatar belakang hitam, dihiasi dengan garis pinggir merah menyala. Seperti kebanyakan eror, isinya terdapat angka heksadesimal yang 99,999999% tidak ada artinya. Tapi, coba perhatikan kata “Guru Meditation” pada bagian akhir. Ok, tidak membantu sama sekali.

13. Abort, Retry, Fail? (MS DOS)

Maksudnya? Apa bedanya “abort” dan “fail”? Terkesan singkat sekaligus membingungkan. Biasanya terjadi pada hal kecil seperti lupa meletakkan disket atau masalah besar seperti hard disk (HD) mati. Pesan ini memaksa Anda memilih salah satu, dan tidak satu pun yang tampaknya membantu. Hmm…

No comments:

Post a Comment

walau halangan rintangan membentang tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran ! hhaha